Yuk Cari Tau, Bedanya Listrik Prabayar dan Pasca bayar itu Apa ya?

Buat Kamu yang belum mengenali, PLN memiliki 2 tipe langganan layanan listrik yang berbeda. Kedua jenis langganan layanan listrik PLN tersebut ialah pasca bayar dan prabayar. Sesuai dengan namanya, kedua Tipe langganan layanan PLN ini memiliki sistem pembayaran yang berbeda.

# Listrik Pascabayar:

Listrik pascabayar yakni sistem pembayaran listrik sehabis mempergunakan fasilitas listrik selama 1 bulan. Bagaikan jenis layanan yang lebih dulu ditawarkan oleh PLN,  sistem pembayaran pascabayar ialah jenis layanan yang dimiliki oleh mayoritas pelanggan PLN. Istilah simpelnya, pakai dulu baru bayar. Disaat memiliki jenis langganan pasca bayar,  pelanggan PLN diharuskan buat membayar tagihan listrik di akhir bulan sesuai dengan konsumsi listrik selama satu bulan tersebut.

Sistem instalasi listrik ini lebih dulu timbul dibandingkan sistem prabayar yang terdapat. Sistem listrik pascabayar inilah yang bisa kita dilihat tagihannya,  kebalikannya prabayar tidak.

Kelebihan : 
Listrik senantiasa ada hingga waktu tenggat pembayaran di akhir bulan
Secara Instan serta tidak repot isi ulang token listrik
Ketelitian mencatat dari petugas PLN

Kekurangan:
Pemakaian bisa melampaui batas
Apabila terdapat tunggakan, listrik hendak dipadamkan otomatis oleh PLN 
Melanggar individu, karena petugas PLN kerap masuk ke pekarangan rumah

# Listrik Prabayar:


Listrik prabayar ialah sistem pembayaran listrik dengan pulsa maupun token. Mirip semacam isi pulsa pada hp, masing- masing nominal pulsa yang tertera pada meteran listrik sudah mau habis,  lekas isi pulsanya. Berbeda dengan sistem pasca bayar, pengguna PLN dengan sistem prabayar diharuskan buat membeli token listrik terlebih dahulu dikala saat sebelum dapat menikmati fasilitas yang diberikan oleh PLN. Sebab sifatnya yang lebih praktis dalam memprotek pengeluaran biar tetap terpelihara, tidak sedikit pelanggan PLN pasca bayar yang beralih ke sistem prabayar. Dengan begitu, pengeluaran bulanan mereka hendak lebih mudah terpelihara.

Karakteristik pulsa listrik sudah menipis ialah terdengarnya bunyi beep- beep pada meteran listrik bagaikan pengingat buat mengisi ulang listrik. Sistem ini juga terbilang baru, karena baru diperkenalkan oleh PLN di tahun 2010.


Kelebihan:
Tanpa terdapat sanksi denda pemutusan serta keterlambatan
Pemakaian listrik lebih terkendali
Dalam Pembelian dapat disesuaikan kemampuan dan tanpa pencatatan meter
Tidak terdapat batasan masa aktif( sepanjang kWh masih tersisa)
Privasi tidak terganggu

Kekurangan:
Pembelian token listrik tergantung pada koneksi internet
Kamu wajib mengingat waktu terakhir membeli token listrik 
Sistem sering hadapi permasalahan, spesialnya dikala pembayaran di waktu tengah malam semacam 23: 00- 24: 00. 
Bisa mati sewaktu-waktu karena token habis
Harus telaten menyimpan struk pembayaran

Sebagian Sebutan pula kerap digunakan ialah, PLN post paid serta prepaid. Sesungguhnya postpaid serta prepaid merupakan membayar tagihan PLN ataupun Membeli token PLN.

Postpaid ialah layanan pasca bayar maupun tagihan bayar belum lama. Kebalikannya Prepaid ialah layanan prabayar maupun bayar dulu baru pakai, maupun biasa diucap dengan istilah token listrik. 

Komentar